Durasi Lagu Pop

Telat bangun g hari ini, bangun-bangun, baju bertumpuk yang harus g setrika uda menatap g. Ahh, inilah kerjaan di hari Minggu. :) Sambil nyetrika, karena merasa bosan, g sambil dengar lagu. Tiba-tiba kepikiran, kog lagu-lagu kebanyakan durasinya hanya sekitar 3 menitan gitu yahh?? Rasa penasaran menggerogotiku. Setelah cari info di sana sini (di internet dan lain2), dapat juga dehh...
Cek it ot...!! :P



Kelahiran musik pop ternyata bersamaan dengan penggunaan serat sintetis atau vinil untuk memproduksi piringan hitam pada 1948. [g pengen punya piringan hitam besarta gramofon dehhh..antik, awesome!:P] Sebelumnya, piringan hitam itu dibuat dari bahan lak yang keras dan getas, yang dimainkan menggunakan gramofon pada 78 putaran per menit (rpm, revolution per minute). Vinil lebih awet, memiliki kualitas suara lebih baik dan suara gesekan permukaan lebih halus, serta biaya produksi lebih murah. Cakram vinil 7 inch (18cm), dimainkan dengan 45rpm, diperkenalkan pada 1949 dan segera banyak dipilih untuk rekaman lagu pop.


Apalagi, cakram vinil 7inch sangat pas dengan mesin pemutar lagu otomatis atau jukebox. [g pengen liat jukebox antik yang dipakai jadul.. ~~] Ditempatkan di klub, kafe dan ruang-ruang dansa, jukebox menjadi kunci penyatuan musik pop dengan budaya anak muda yang sedang berkembang.


Namun wujud rekaman tidak menjadi satu-satunya jawaban mengapa kebanyakan lagu musik pop berdurasi tiga sampai tiga setengah menit. Rekaman 7inch bisa memuat lagu-lagu dengan durasi dua kali lipatnya, seperti lagu "Hey Jude" milik The Beatles yang berdurasi 7,05 menit.


Jawabannya barangkali sederhana, bahwa secara alami, perhatian para pendengar hanya bertahan selama tiga setengah menit. [YAY!! Setuju! :)] Lagu-lagu opera paling terkenal aja cenderung pendek, begitu juga lagu operet, himne gereja, dan lagu-lagu Natal.


Dann....... Tekanan era modern telah memperkuat pilihan untuk lagu tiga setengah menit. Radio komersil, khususnya, meminta lagu-lagu pop agar lebih singkat. Soalnya, kalau lagunya kepanjangan dan pendengar bosan, wahhh..pasti ngacirrr...beralih ke stasiun radio lainnya. Terlebih lagi, lagu-lagu singkat bisa disisipkan lebih banyak iklan. [of course, income.. $$]


Dengan CD (Compact Disc) dan kemampuan mengunduh, durasi lagu bisa bervariasi, tapi durasi lagu di tangga lagu pop memang masih berkisar antara tiga setengah menit.

Ini neh, si gramofon yang antik dan kerenn... Bayangin, orang-orang dulu bisa dengar lagu dari alat yang terlihat simple ini..






2 komentar:

sugahpuff mengatakan...

lalu mengapa, house music panjangnya ajip2 gile ? hehe. dasar engkau manusia ber IP 3,9 postingan blog nya pun nda jauh2 dari pengetahuan umum. hahaha..

JeanOt mengatakan...

Hahaha.. Karna house music kan biasanya buat dance, disko, geleng2, wkwkwk..jd kalo cm 3 menitan gitu mana cukupp... :P

Huss...jangan nyebut2 IP. haha. Lain kali akan kupost yang lain bukk.. :)

Posting Komentar