Doomsday 2012??

Tanggal 21/12/12 menarik perhatian dunia setelah di tahun 2006 History Channel menayangkan film dokumenter ramalan suku Maya tentang tahun 2012. Sedangkan munculnya ramalan Suku Maya tentang tagun 2012 bermula dari kata "The End of Times" yang mengiringi siklus kalender Winaq May Kin bangsa Maya. Menurut kalender yang diciptakan para astronom bangsa Maya berabad-abad lalu itu, sejak peradaban manusia ada, kita udah melewati tiga matahari penuh dan sekarang sedang menyelesaikan matahari yang keempat yang mana satu matahari mencakup 5200 tahun surya. Matahari keempat ini dimulai pada 13 Agustus 3114 BCE (sebelum Masehi) yang dalam kalender Maya dilambangkan dengan 0.0.0.0.1 (the first day) dan akan berakhir pada 13.0.0.0.0 (the last day) bertepatan 21 Desember 2012 CE (Masehi).


Kalender Suku Maya


Masih menurut Suku Maya, pada tanggal tersebut juga terjadi titik balik musim dingin tahunan ketika belahan utara bumi berada di titik terjauh dari matahari sehingga durasi siang hari menjadi sangat pendek. Matahari juga akan menutupi pemandangan pusat Bimasakti dari bumi tepat di 21/12/12 di mana fenomena ini hanya terjadi pada 26.000 tahun sekali yang menyebabkan guncangan kecil pada rotasi bumi. Tapi para astronom Maya juga menyimpulkan bahwa pada titik balik musim dingin 2012, adalah era baru dalam sejarah manusia. Mereka percaya bahwa tanggal tersebut adalah tanggal paling sakral, paling menguntungkan sekaligus paling berbahaya yang akan membawa baik bencana maupun pengungkapan.


Menariknya, wacana "The End of Time" ini gak hanya dibuat oleh bangsa Maya aja. Kitab kuno Tiongkok I Ching juga menyatakan kalau tahun 2012 akan jadi penutup siklus kehidupan bumi. Selain itu, para Biksu Tibet yang terkenal dengan Clairvoyance-nya (kemampuan melihat persitiwa yang terjadi di tempat lain) dan Suku Hopi (juga termasuk salah satu suku Indian Amerika) juga meramalkan hal yang sama.


But FYI, berakhirnya sistem penanggalan Maya, arti "The End of Times" mengandung beberapa makna, bukan hanya berarti Doomsday atau kiamat!


Sementara itu, badan antariksa AS, NASA (National Aeronautics and Space Administration) gak mau ketinggalan berkomentar. Menurut NASA, pada tahun 2012 akan terjadi Badai Matahari atau Solar Storm yang disebabkan oleh Corona Mass Ejection sehingga akan terjadi ledakan besar yang mengakibatkan panas matahari yang akan diterima bumi bisa mencapai 30% dari kondisi normal. Udah pasti hal ini berpengaruh banget pada kehidupan di bumi.


Solar Storm





Topik mengenai Doomsday di tahun 2012 ini semakin menghangat dengan tayangnya sebuah film berjudul 2012 yang mengisahkan kiamat. Banyak orang menjadi heboh..

Kalau menurut gw, melihat kondisi kerusakan alam yang sekarang terjadi, kehancuran bumi bukan hal yang mustahil terjadi. Bumi kita udah tua dan sakit-sakitan akibat berbagai ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Jadi dibalik benar tidaknya ramalan tentang Doomsday 2012, kita bisa belajar banyak hal. Kita juga diingatkan kembali agar lebih bertanggung jawab dan baik dalam memperlakukan alam. Tuhan yang memberi kita kehidupan, Tuhan pula yang mengambil..

Yang diperlukan adalah terus hidup dengan selalu mencoba menjadi lebih baik dari apa yang udah ada, lebih memperhatikan alam dan lingkungan sekitar, dan menyerahkan semuanya kepada Yang Kuasa.


PS. Saat ini sedang heboh karena para ilmuwan menemukan bahwa di bulan ternyata ada air yang berarti ada unsur kehidupan di situ. Para ilmuwan terus meneliti apakah ada kemungkinan manusia bisa hidup di situ. Ini menjadi topik yang banyak dibicarakan sekarang ini, sampai-sampai logonya google aja memuat tentang ini. :D


Discovery of Water on the Moon

2 komentar:

sugahpuff mengatakan...

selasa, akan kita ungkap kebenaran ini, temans !
hahahaha
komen yang sangat diluar isi blogpost !

JeanOt mengatakan...

Yeahh.. paan sih komennya??

Hahaha.. Yeah, deg-deg-an ahhh... :P

Posting Komentar